ANALISIS PENGGUNAAN AUDIO MUROTTAL DALAM MEMBANTU MURAJA’AH DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIZH YAYASAN WAKAF SURRO MAN ROA

  • Rahmadani Fitri Ginting Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arafah, Indonesia
  • Harun Ar Rasyid Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arafah, Indonesia
  • Isnu Yulia Mulan Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arafah, Indonesia
  • Harmansyah Ramadhan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
Keywords: Audio Murottal, Tahfizh, Hafalan Al-Qur’an, Muraja’ah

Abstract

Menghafal Al-Qur’an tidak lepas dari muraja’ah setiap harinya. Ada berbagai macam cara untuk melakukan muraja’ah, salah satunya adalah dengan memanfaatkan audio murottal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penggunaan audio murottal dapat membantu muraja’ah dan dampaknya terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan tes yang kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik serta triangulasi sebagai validasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan audio murottal secara signifikan mendukung santri dalam proses muraja'ah, meningkatkan fokus dan keterlibatan mereka, serta berperan penting dalam peningkatan kualitas hafalan Al-Qur'an. Meskipun terdapat tantangan dalam penerapannya, akan tetapi penggunaan audio murottal dinilai sangat positif sebagai alat bantu muraja’ah dan penguatan hafalan. Penelitian ini memberikan penguatan perspektif mengenai metode yang efektif dalam pengajaran Al-Qur'an, dan diharapkan dapat menjadi acuan bagi lembaga pendidikan Islam dalam merumuskan strategi pembelajaran yang lebih optimal.

References

Agus Salim Syukran, Agus Salim Syukran. “Fungsi Al-Qur’an bagi Manusia.” Al-I’jaz : Jurnal Studi Al-Qur’an, Falsafah dan Keislaman 1, no. 2 (2019): 90–108.
Bali, Muhammad Mushfi El Iq, dan Nurul Fadilah. “Internalisasi Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 9, no. 1 (2019): 1–25.
Fadllurrohman, Fadllurrohman, Arizqi Ihsan Pratama, dan Nor Azizah. “Problematika Penerapan Pembelajaran Tahfidz Di MIN 07 Tabalong.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 4 (2022): 1280–1290.
Hodijah, Sari, dan Dede Supendi. “Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasaan Spiritual Peserta Didik Kelas X di MA Al-Huda Jatiluhur.” Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan studi Islam 2, no. 02 (2021): 77–93.
Husna, Rifqatul. “Program Majelisan Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan (Studi Living Qur’an Di Pusat Pendidikan Ilmu Al-Qur’an Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo).” Hamalatul Qur’an: Jurnal Ilmu Ilmu Alqur’an 2, no. 2 (2021): 35–45.
Ilyas, M. “Metode Muraja’ah dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an.” AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 01 (2020): 1–24.
Jumiat, Aat. “Memahami sejarah ulumul quran sebagai pedoman hidup umat muslim: Aat Jumiat, SMPN 3 Saketi.” TSIQOH: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (2023).
Lubis, Muhammad Agha Andira. “Analisis Kemampuan Siswa/I SD Harapan 3 dalam Menghafal Juz’amma dengan Metode Regresi Linier Berganda.” Universitas Sumatera Utara, 2017.
Muntofingah Muntofingah, Robingun Suyud El Syam, dan Nasokah Nasokah. “Penerapan Media Audio Murottal Untuk Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas 5 di MI Ma’arif NU 01 Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2023/2024.” ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan 2, no. 1 (2023): 172–184.
Najib, Mughni. “Implementasi Metode Takrir Dalam Menghafalkan Al Quran Bagi Santri Pondok Pesantren Punggul Nganjuk.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 8, no. 3 (2018): 333–342.
Nurliana, Nurliana. “Metode Istinbath Hukum Muhammad Ibn Ismail Al-Shan’Ani Dalam Kitab Subul Al-Salam.” Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman 5, no. 2 (2017): 132. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/al-fikra/article/view/3772/2316.
Putriana, Dinda D W I. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Quran Santri Di Tpa Rumah Quran Al-Izzah Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Metro 1445 H / 2023 M Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan.” Pendidikan Agama Islam (2023).
Sabit, Numan, dan Nan Rahminawati. “Implementasi Media Audio Murottal Untuk Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Tunanetra di SLBNA Citeureup Cimahi.” In Bandung Conference Series: Islamic Education, 4:347–353, 2024.
Safitri, Evi Maya. “Meningkatkan Kemampuan Melafalkan Surat Pendek Melalui Media Audio dengan Teknik Murottal pada Anak Kelompok B TK Hasyim Asy" Ari Surabaya.” PAUD Teratai: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1 (2013): 1–5.
Sulaiman, Husnan, dan Dani Ramdani. “Efektivitas Penggunaan Metode Hafalan Muraja ’ ah Terhadap Kemampuan Imla ’ Manqul Di MTs Ponpes Cipari Garut,” no. c (2024).
Supriono, Iwan Agus, dan Atik Rusdiani. “Implementasi Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Siswa Di Lptq Kabupaten Siak.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 4, no. 1 (2019): 54–64.
Toyyib, Moh. “Pembentukan Kemampuan Menghafal Surah Al Fatihah Pada Anak Usia Dini.” Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam 6, no. 2 (2021): 27–53.
Ulummudin, Ulummudin. “Memahami Hadis-Hadis Keutamaan Menghafal Al-Qur’An Dan Kaitannya Dengan Program Hafiz Indonesia Di Rcti (Aplikasi Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zaid).” Al Quds: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis 4, no. 1 (2020): 57–76.
Yanggo, Huzaemah Tahido. “Al-Qur’an sebagai Mukjizat Terbesar.” Misykat 1, no. 2 (2016): 271161.
Published
2024-10-15
How to Cite
Fitri Ginting , Rahmadani, Harun Ar Rasyid, Isnu Yulia Mulan, and Harmansyah Ramadhan. 2024. “ANALISIS PENGGUNAAN AUDIO MUROTTAL DALAM MEMBANTU MURAJA’AH DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIZH YAYASAN WAKAF SURRO MAN ROA”. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 13 (2), 109-32. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v13i2.1212.