KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI MA’ARIF SIDOMULYO

  • Nur Fadhilatul Febriyanti STAI Syubbanul Wathon Magelang
  • Ahmad Fuad Hasyim HS STAI Syubbanul Wathon Magelang
  • Milna Wafirah STAI Syubbanul Wathon Magelang
Keywords: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Ma’arif Sidomulyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang telah dikumpulkan selanjutnya dilakukan analisis menggunakan model interaktif. Hasil dari penelitian menunjukkan mengenai pentingnya peran Kepala Sekolah MI Ma’arif Sidomulyo dalam meningkatkan kinerja guru. Kepala sekolah tidak hanya berperan sebagai pemimpin administrasi, tetapi juga sebagai supervisor yang memberikan bimbingan dan arahan dalam pengajaran. Peran sebagai wirausahawan juga sangat penting, karena kepala sekolah mendorong inovasi dan pengembangan lingkungan pendidikan yang kreatif dan dinamis. Selain itu, kompetensi sosial dan kepribadian yang dimiliki oleh kepala sekolah menjadi kunci dalam membangun hubungan yang harmonis dengan para guru, sehingga menciptakan lingkungan kerja yang kondusif

Published
2024-08-27
How to Cite
Fadhilatul Febriyanti, Nur, Ahmad Fuad Hasyim HS, and Milna Wafirah. 2024. “KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI MA’ARIF SIDOMULYO”. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 13 (1), 51-70. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Kreatifitas/article/view/1184.