IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMKS YAPIM MEDAN

  • Raindy Harefa Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Nurhalima Tambunan Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
Keywords: Implementasi, Nilai, Moderasi Beragama, PAI

Abstract

Moderasi beragama telah menjadi topik penting yang tidak hanya diperbincangkan dalam ranah politik, tetapi juga mendapatkan perhatian besar dalam dunia akademik dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang digunakan dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMKS Yapim Medan serta dampaknya terhadap sikap dan perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan  dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMKS Yapim Medan telah berhasil mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama melalui pendekatan pembelajaran yang mengedepankan dialog, keterbukaan, dan pengalaman langsung dalam memahami keberagaman agama. Dampaknya terlihat pada peningkatan sikap toleransi, penghargaan terhadap perbedaan, serta kemampuan siswa dalam mempraktikkan nilai-nilai kebajikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkuat pemahaman tentang pentingnya pendidikan agama yang moderat dalam membentuk generasi yang pluralis dan inklusif di tengah masyarakat multikultural seperti Indonesia.

Published
2024-08-16
How to Cite
Harefa , Raindy, and Nurhalima Tambunan. 2024. “IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMKS YAPIM MEDAN ”. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 13 (1), 18-37. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v13i1.1164.