https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Baitul_Hikmah/issue/feed Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman 2025-01-01T10:50:51+00:00 Baktiar Nasution baitulhikmah@diniyah.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>Published by Pascasarjana IAI Diniyyah Pekanbaru, since Volume 1 Issue 1 June 2023. Baitul Hikmah is a journal run by the Pascasarjana IAI Diniyyah Pekanbaru, which is regularly published every June and December. The journal focuses on the Islamic Science. The writings in this journal are open to academics, researchers, and professionals in The&nbsp;Islamics&nbsp;Field.</strong></p> https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Baitul_Hikmah/article/view/1083 Perspektif Pendidik Berakhlakul Karimah Menurut Hafidz Hasan Al Mas’ud dalam Kitab Taisirul Kholak Fi Ilmi Akhlak 2025-01-01T10:50:51+00:00 Muhammad Amin muhammadaminfst@gmail.com Syahri Ramadhan ramadhan.pdg@gmail.com Abdul Aziz Rahman HSB abdulazizrahmanhsb@gmail.com Ika Imroatul Jamilah ikaimroatuljamilah@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Cara pandang Pendidik Bermoral Karimah Menurut Hafidz Hasan Al Mas’ud dalam kitab Taisirul Kholak Fi Ilmi Akhlak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library study). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengedit, mengorganisasikan, dan mencari hasil data yang kemudian melakukan analisis lebih lanjut terhadap hasil pengorganisasian data dengan menganalisis isi untuk melakukan tinjauan pustaka terhadap konsep akhlak dalam kitab Taisirul Kholak karya Syaikh Hafidz Hasan Al-Mas'udi. Dalam konteks&nbsp; ini,&nbsp; teknik&nbsp; analisis&nbsp; data&nbsp; yang&nbsp; digunakan&nbsp; dalam&nbsp; penelitian&nbsp; ini&nbsp; meliputi&nbsp; Reduksi&nbsp; data,&nbsp; penyajian&nbsp; data,&nbsp; dan&nbsp; menarik&nbsp; Kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah pendidik berakhlak karimah menurut Syaikh Hafidz Hasan Mas’udi yang berkaitan dengan kitab Taisirul Kholak Fi Ilmi Akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan karena pendidikan menjadi investasi yang memberi keuntungan sosial dan pribadi yang menjadikan bangsa bermartabat dan menjadikan individunya menjadi manusia yang memiliki derajat.&nbsp; Sebaliknya, pendidikan merupakan salah satu bagian terpenting dari pembangunan nasional karena pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa dengan tujuan mereka menjadi orang yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia. Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, pendidikan nasional bertanggung jawab untuk menumbuhkan kemampuan, watak, dan peradaban bangsa yang unggul. Tujuan pendidikan nasional adalah untuk menumbuhkan potensi orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan. kuat, baik hati, dan sehat. Jadilah orang yang terpelajar, inovatif, mandiri, dan bertanggung jawab sebagai warga Negara.</p> 2024-07-31T23:35:00+00:00 Copyright (c) 2024 Muhammad Amin, Syahri Ramadhan, Abdul Aziz Rahman HSB, Ika Imroatul Jamilah https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Baitul_Hikmah/article/view/1092 Peluang dan Tantangan Digitalisasi Bagi Pendidikan Agama Islam 2025-01-01T10:50:47+00:00 Bainar Bainar bainar@diniyah.ac.id <p><em>Di zaman digitaliasi atau teknologi yang terus berkembang dengan cepat, pendidikan Islam menghadapi tantangan yang besar dan juga peluang menarik. Inovasi digital telah merubah sepenuhnya bidang pendidikan, mengubah metode pembelajaran, cara mengakses informasi, dan interaksi dengan lingkungan. Permasalahan yang dihadapi berhubungan dengan kesenjangan dalam aksesibilitas dan kesenjangan digital. terjangkau oleh akses internet. memiliki kemampuan yang cukup untuk mengakses infrastruktur teknologi. Hambatan dalam mencapai akses ini mungkin menghalangi kemungkinan penyebaran pendidikan Islam melalui media digital. Di samping itu, tekonologi sekarang juga berdampak terhadap kemampuan seseorang dalam memanfaatkan teknologi digital dalam konteks pendidikan Islam. </em><em>Penelitian yang digunakan peneliti yaitu Libary Rised yaitu data dengan menganalisa dan membaca jurnal, buku yang berkaitan dan literatur lainnya. Dapat disimpulkan transformasi digitalisasi melibatkan perubahan pendidikan yang lebih baik melalui pemanfaatan teknologi dan data. Pelaku di dalam lingkungan pendidikan antara lain terdiri dari siswa, pengajar, pendidik, tenaga administrasi, lulusan, orang tua siswa, dan sebagainya. Saat persaingan di sektor pendidikan semakin ketat, maka penggunaan teknologi digital dalam dunia pendidikan menjadi sangat penting agar lembaga pendidikan dapat tetap lebih baik di zaman digitali</em></p> 2024-07-31T23:53:15+00:00 Copyright (c) 2024 Bainar Bainar https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Baitul_Hikmah/article/view/1108 Sejarah Peradaban Islam: Pandangan Tokoh Pembaharu Islam Terhadap Hadis 2025-01-01T10:50:44+00:00 Firman Firman 2320070012@uinib.ac.id Suci Amalia Yasti 2320070003@uinib.ac.id Doni Saputra 2320070004@uinib.ac.id Alfiah Rafika 2320070002@uinib.ac.id Erasiah Erasiah erasiah@uinib.ac.id <p>Penelitian ini mengkaji pandangan beragam tokoh pembaharu pendidikan Islam yang muncul dengan berbagai pandangan terhadap peran Hadis sebagai sumber hukum. Beberapa di antara mereka menegaskan keabsahan dan otentisitas Hadis sebagai landasan hukum yang tak terbantahkan. Sementara itu, ada yang berupaya mereformasi pemahaman terhadap Hadis dengan mengakomodasi konteks kekinian, tanpa mengurangi nilai otoritasnya. Keanekaragaman pandangan dan pendekatan dalam menanggapi tantangan dan perubahan zaman mencirikan periode ini, menciptakan sebuah dinamika yang menarik dalam pemahaman Islam modern. Metode penelitian ini adalah penelitian sejarah atau historical research yang fokus pada pandangan tokoh-tokoh pembaharu pendidikan terhadap Hadis. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Ali Pasya berkontribusi pada pengkodifikasian hadis, Al-Tahtawi menyoroti pentingnya kembali kepada ijtihad sebagai sarana untuk menghadapi perubahan zaman. Muhammad Abduh mengusung pendekatan kritis terhadap hadis, menekankan logika dan kejelasan informasi. Rasyid Ridha awalnya memiliki pandangan yang lebih selektif terhadap hadis, namun kemudian menjadi pembela hadis setelah mendalami lebih lanjut ilmu-ilmu hadis dan fiqih. Dan Sayyid Ahmad Khan memberikan penekanan pada kualitas hadis sebagai landasan dalam pandangannya terhadap mengikuti sunnah.</p> 2024-09-09T23:24:30+00:00 Copyright (c) 2024 Firman Firman, Suci Amalia Yasti, Doni Saputra, Alfiah Rafika, Erasiah Erasiah https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Baitul_Hikmah/article/view/1228 Dekonstruksi Tafsir al-Qur’an Menurut Jecques Deridda 2025-01-01T10:50:42+00:00 Zaimah Zaimah zaimah@polibatam.ac.id <p>Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin komplek, sejak Nabi Muhammad Saw wafat, mulai muncul permasalahan baru dengan berbagai polemik dan latar belakang yang beragam. Dari sinilah peran tafsir al-Qur’an untuk menjawab permasalahan yang datang kemudian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library research. Hasil menunjukkan bahwa penafsirkan al-Qur’an menurut Deridda tidak selalu hanya berpaku pada teks tanpa melihat konteks sebagaimana teorinya tentang dekonstruksi. Dekonstruksi adalah menafsirkan al-Qur’an secara kontekstual. Sebab, apabila memaknai al-Qur’an hanya secara tekstual, maka akan mendapatkan pemahaman yang sepihak saja. Kekurangan dari teori dekonstruksi dalam penafsiran al-Qur’an yaitu adanya sikap subjektif penafsir yang akan berakibat pada hasil tafsir itu sendiri.</p> 2024-12-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Zaimah Zaimah https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Baitul_Hikmah/article/view/1351 Konsistensi Pengamalan Ibadah Salat Fardu Berjamaah Bagi Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Tahfizd Robbaniy Pekanbaru 2025-01-01T10:50:39+00:00 Hasan Hasan hasanlubis20@gmail.com <p>Salat adalah tiang agama siapa yang mendirikan salat berarti ia mendirikan agama, salat sebaiknya dilaksanakan di awal waktu dan dilaksanakan secra berjamaah.&nbsp; Orang tua yang bijak adalah orangtua yang membiasakan anak salat semenjak kecil. Sehingga salat menjadi kepribadian dalam hidupnya. Siapa yang meninggalkan salat bararti ia menghancurkan agama. Penelitan membahas tentang Konsistensi PelaksanaanSalat Fardu berjamaah bagi Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Tahfizd Robbaniy Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket). Adapun hasil penelitian konsistensi pengamalan salat fardu berjamaah pada peserta didik Madrasah Tsanawiyah Tahfizd Robbaniy Pekanbaru termasuk Kategori Cukup Baik dengan hasil 76,66%</p> 2024-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Hasan Hasan https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Baitul_Hikmah/article/view/1190 Fiqih, Ushul Fiqih dan Penetapan Hukum Islam 2025-01-01T10:50:36+00:00 Rido Jamallius 2320070009@uinib.ac.id Meirison Meirison meirison@uinib.ac.id <p>Studi ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana fiqih, ushul fiqih dan penetapan hukum Islam. Studi ini memiliki fokus pembahasan <em>pertama</em> bagaimana pemahaman fiqih pada zaman sekarang ini, <em>kedua </em>bagaimana pemahaman ushul fiqih pada zaman sekarang ini, <em>ketiga </em>bagaimana pemahaman terhadap penetapan hukum Islam pada saat ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan teks. jenis penelitian ini adalah studi pustaka (library research), Sumber data pada penelitian ini di dapatkan dengan menggunakan studi literatur dengan cara mengumpulkan jurnal yang terkait dengan permasalahan yang sedang diteliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan studi literatur dengan mengumpulkn jurnal yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang diteliti. Setelah semua data dikumpulkan maka akan dilakukan langkah selanjutnya yaitu teknik&nbsp; analisi data, adapun teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, khasifikasi data, penyajin data dan menaraskan data Hasil penelitian ini menunjukan. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi perkembangan Fiqih di dunia saat ini adalah globalisasi yang membawa tantangan baru dalam menghadapi budaya dan sistem hukum yang berbeda. Sumber hukum Islam adalah segala sesuatu yang mengarah pada ketentuan hukum yang mengatur umat Islam. Para ulama sepakat bahwa Al-Quran merupakan sumber hukum terpenting bagi umat Islam, disusul hadits/sunnah dan ijtima</p> 2025-01-01T10:49:25+00:00 Copyright (c) 2024 Rido Jamallius, Meirison Meirison