Membangun Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Era revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

  • Tian Wahyudi Universitas Islam Indonesia
Keywords: Strategi Pembelajaran, PAI, Revolusi Industri 4.0, Society 50

Abstract

Menghadapi era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, Pendidikan Islam dihadapkan pada tantangan Reformulasi Strategi Pembelajaran yang tepat dan efektif. Melalui telaah Pustaka dengan menghimpun beragam literatur yang terkait dengan topik yang dibahas, penulis mengkaji bagaimana membangun strategi pembelajaran pendidikan agama Islam yang efektif di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Perkembangan teknologi yang menjadi ciri kedua era tersebut telah menghantarkan generasi muda saat ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan masa sebelumnya. Dengan membangun strategi pembelajaran dengan pendekatan pendidikan yang lebih sesuai mengacu pada karakteristik generasi saat ini menjadi upaya penting dalam mencetak generasi muda yang shaleh dan handal. Beberapa upaya yang dapat dilakukan dalam membangun strategi pembelajaran tersebut antara lain: (1) Inovasi pembelajaran dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi; (2) menggunakan pendekatan Students Central Learning (SCL); (3) Fleksibilitas dalam penggunaan metode dan pemanfaatan media pembelajaran; (4) membangun pembelajaran yang dinamis dan kreatif; (5) pembelajaran yang menekankan peserta didik untuk mampu berpikir kritis; (6) membangun pembelajaran yang kontekstual dan kolaboratif; (7) membangun lingkungan belajar yang kondusif; (8) membangun kesadaran akan visi teologis atau kecerdasan spiritual dalam proses pembelajaran.

References

Haidar, Galih, and Nurliana Cipta Apsari. “Pornografi Pada Kalangan Remaja Beserta Dampaknya.” In Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7:136, 2020. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.27452.

Hamruni. Konsep Edutaiment Dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2008.

Harjali, I Nyoman Sudana Degeng, Punaji Setyosari, and Wasis D Dwiyogo. “Strategi Guru Dalam Membangun Lingkungan Belajar Yang Kondusif: Studi Fenomenologi Pada Kelas-Kelas Sekolah Menengah Pertama Di Ponorogo.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 23, no. April (2017): 010–019.

Nata, Abuddin. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2010.

Novrialdy, Eryzal. “Kecanduan Game Online Pada Remaja: Dampak Dan Pencegahannya.” Buletin Psikologi 27, no. 2 (2019): 148–58. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402.

Suharto, Toto. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruz, 2006.

Suherman, Musnaini, Hadion Wijoyo, and Irjus Indrawan. Industry 4.0 vs. Society 5.0. Pena Persada. Purwokerto: Pena Persada, 2020. https://doi.org/10.1007/978-3-030-62784-3_28.

Sukirman. “Peningkatan Atmosfer Belajar Siswa Generasi Digital Native Melalui Pembelajaran Berbasis Game.” In Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan, 345–51. UMS, 2017. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/9601.

Suryadi, Ace. “Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran.” Pendidikan Terbuka Jarak Jauh 8, no. 1 (2007): 83–98.

Teknowijoyo, Felixtian, and Leni Marpelina. “Relevansi Industri 4.0 Dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia.” Educatio: Jurnal Ilmu Pendidikan 16, no. 2 (2021): 173–84. https://doi.org/10.29408/edc.v16i2.4492.

Trinova, Zulvia. “Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning Pada Materi Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al-Ta’lim Volume 1, no. 4 (2013): 324–35. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15548/jt.v20i1.28.

UU SISDIKNAS. “Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.

Wahyudi, Tian. “Penguatan Literasi Digital Generasi Muda Muslim Dalam Kerangka Konsep Ulul Albab.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18, no. 2 (December 31, 2021): 161–78. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.368.

———. “Reinterpretasi Jihad Dalam Pendidikan Di Era Digital.” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 32, no. 1 (2021): 129–50. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/tribakti.v32i1.1412.

Yanti, Mery, and Yusnaini Yusnaini. “The Narration of Digital Literacy Movement in Indonesia.” Informasi 48, no. 2 (2018): 243–55. https://doi.org/10.21831/informasi.v48i2.21148.

Published
2023-06-19
How to Cite
Wahyudi, Tian. 2023. “Membangun Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 20 (1), 148-59. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v20i1.670.