Al-Abyadh https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh <div><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Al-Abyadh adalah jurnal pendidikan islam anak usia dini yang terbit 2 kali dalam. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal ini merupakan sarana publikasi artikel berupa hasil penelitian, pengabdian dan tinjauan pustaka dalam bidang anak usia dini mengenai perkembangan anak, kurikulum, manajemen, media, pengelolaan kelas, pembelajaran, parenting, psikologi AUD, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal ini terbuka untuk para akademisi maupun dari berbagai pihak yang mempunyai pemikiran atau penelitian tentang anak</span></span></span></span></div> <div><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">ISSN: </span></span></span></span><a title="ISSN" href="https://issn.brin.go.id/terbit?search=al%20abyadh" target="_blank" rel="noopener"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">2620-7265</span></span></span></span></a><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> ( </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Tercetak</span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> ); </span></span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="color: #000000;">EISSN : <a title="E ISSN" href="https://issn.brin.go.id/terbit?search=al%20abyadh" target="_blank" rel="noopener">2775-7080</a> (Online)</span></span></span></span></span></div> en-US reni@diniyah.ac.id (Reni Amiliya) reza@diniyah.ac.id (Reza Septiadi) Sat, 22 Jun 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ESTETIKA DESAIN DINDING KELAS ANAK USIA DINI https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/334 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah berupa estetika desain dinding kelas anak usia dini. Dengan memberikan suatu rangsangan kepada anak tidak hanya dengan pembelajaran tetapi juga diiringi dengan desain-desain yang sesuai dengan anak usia dini. Karena anak usia dini merupakan masa yang tepat dalam memberi dan merangsang kepekaan anak sesuai dengan kebutuhan anak, terutama melalui karya seni berupa estetika dinding kelas ini. Dengan adanya estetika desain dinding kelas untuk anak usia dini diperlukan kreativitas yang dapat menarik pada aspek perkembangan anak terutama pada minat belajar anak. Penyajian yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak. Pemilihan warna sangat penting karena kompisisi warna yang bagus akan menciptakan hasil karya seni yang menarik dan membuat suasana yang menyenangkan serta dapat meningkatkan kualitas belajar anak ditambah dengan tema yang menjadi daya tarik anak. Menciptakan rancangan keestetikan pada sebuah objek perlu mengetahui adanya teori estetika, prinsrip estetika dan tingkatan estetika. Penelitian ini menggunakan metode penetilian studi literatur. Subjek penelitian ini di fokuskan kepada anak usia dini, data yang dikumpulkan serta data yang dianalisis berasal dari literature, dokumentasi maupun jurnal relavan sesuai judul yang diteliti. Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwasanya estetika desain dinding kelas anak usia dini harus diterapkan pada setiap lembaga pendidikan anak usia dini, karena hal ini dapat membantu perkembangan kreativitas dan minat belajar anak dan menciptakan suasana yang aman, nyaman dan tentram bagi anak dalam proses pembelajaran. Melalui estetika desain dinding kelas ini sangat berdampak positif bagi psikologis anak dalam membantu mengembangkan pertumbuhan baik dalan aspek perkembangan, proses pembelajaran dan pengajaran bagi anak.</p> Dinar Farida Fauziah, Heri Hidayat Copyright (c) 2024 Al-Abyadh https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/334 Sat, 22 Jun 2024 07:28:08 +0000 MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI RA AL KAUTSAR KOTA BENGKULU https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/849 <p>Inti dari kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana RA Kota Bengkulu mengawasi pembelajaran remaja (PAUD). Eksplorasi ini menggunakan metodologi deskriptif subjektif. pengumpulan informasi melalui prosedur wawancara, dokumentasi dan persepsi. Model penyelidikan informasi yang digunakan adalah pemeriksaan informasi cerdas atau pemeriksaan informasi aliran (Stream Model Investigation). Model penyelidikan informasi ini meliputi pengumpulan informasi, penurunan informasi, penyajian informasi, penentuan pencapaian, dan konfirmasi. Strategi triangulasi informasi digunakan untuk menguji keabsahan informasi yang dikumpulkan. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa pelaksanaan pembinaan di banyak RA se-Kota Bengkulu dimulai dengan pembentukan program tahunan (PROTA) yang meliputi latihan-latihan RA dari awal tahun ajaran sampai batas terjauh sekolah. tahun. Kemudian program semester (PROMES/PROSEM), RKM dan RKH sudah siap.</p> Pujiati Pujiati, Alimni Alimni Copyright (c) 2024 Al-Abyadh https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/849 Sat, 22 Jun 2024 08:00:03 +0000 ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA DALAM KELUARGA BROKEN HOME TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/694 <p>Anak-anak tidak selalu terkena dampak negatif dari dampak keluarga broken home. Namun, sebagian besar anak sering memiliki pemikiran negatif, seperti: suka marah-marah, emosian, seolah-olah kesepian, dan selalu berpikiran untuk menyalahkan dirinya sendiri, merasa dihantui oleh rasa takut, dan mudah terpengaruh oleh lingkungan negatif, tapi sebagian dari mereka memiliki perilaku buruk karena hal itu tergantung pola asuh orang tua. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket tema penelitian Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang tua yang ada di Provinsi Jambi yaitu Guru TK Aldha Novita dan KB Putri Cipiring yang ada di Provinsi Jambi. Sampel terdiri dari 10 orang tua. Hasil pembahasan Pada pola asuh demokratis, Pada pernyataan pertama mengenai orang tua membebaskan anak memilih permainannya sendiri membuat anak mandiri, sebanyak (100%) responden menyatakan setuju. Pada pernyataan kedua mengenai berkomunikasi yang terbuka kepada anak membuat anak jujur dalam hal apapun, sebanyak (100%) responden menyatakan setuju.Pada pernyataan ketiga mengenai orang tua mendorong anak untuk bertanggung jawab atas pilihannya, sebanyak (100%) responden menyatakan setuju.Dari hasil analisi data dapat disimpulkan bahwa Responden paling banyak menerapkan pola asuh orang tua demokratis pada anak dalam keluarga broken hometerhadap perkembangan sosial emosional, pada pola asuh demokratis ini anak dapat bebas berpendapat, membuat keputusan dan menjalin hubungan yang baik serta terbuka kepada orang tua dan slalu menjaga agar hubungan kelurga tetap harmons antara orang tua dan anak.</p> Putri Sabrina Artamevia, Fitrah Zahro Pangesti, Putri Sobiyati, Mayola Sapitri, Masyunita Siregar Copyright (c) 2024 Al-Abyadh https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/694 Sat, 22 Jun 2024 09:45:32 +0000 MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL ANGKA MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA DI TK AL AMIN MUHAMMAD II TELUK PANDAN https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/1039 <p>Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal angka melalui bermain kartu angka pada anak&nbsp; usia 5-6 tahun di TK Al Amin Muhammad II Kec. Teluk Pandan tahun Pembelajaran 2023/2024 yang berjumlah 13 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 8 anak perempuan dengan usia rata-rata 6 tahun. Pelaksanaan penelitian pembelajaran ini dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu Perencanaan (planning), Pelaksanaan (acting), Pengamatan (observing) dan Refleksi (reflecting). (Suharsini Arikunto, 2006). Kemampuan mengenal angka anak pada awalnya ditemukan rendah, rata-rata penguasaan 28% pada aspek mengenal angka seperti berhitung menyebutkan angka, serta meniru tulisan angka. Hal ini disebabkan tingkat minat dan konsentrasi anak yang rendah, kurangnya inovasi pembelajaran baik berupa media maupun metode yang digunakan. Setelah dilakukan tindakan siklus I melalui bermain kartu angka dengan tema alat komunikasi, penelitian menujukkan hasil belajar siswa meningkat menjadi 39%. Presentase tersebut mengalami kenaikan 11%. Presentase ini semakin naik sampai diadakannya tindakan siklus II yaitu&nbsp; 74%.</p> Ilham Jaya, Nurliana Nurliana Copyright (c) 2024 Al-Abyadh https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/1039 Sat, 22 Jun 2024 09:58:20 +0000 ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA DINI https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/1000 <p>Perkembangan bahasa pada anak usia dini merupakan hal yang penting dan tidak boleh diabaikan. Bahasa memungkinkan anak dapat berkomunikasi, berinteraksi, serta bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh anak adalah menyimak. Menyimak merupakan keterampilan awal sebelum anak dapat berbicara, membaca, dan menulis. Anak yang memiliki keterampilan menyimak yang baik akan dapat mengoptimalkan proses belajarnya. Oleh karena itu, penting mengembangkan keterampilan menyimak anak. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan media yang menarik bagi anak, salah satunya adalah dengan&nbsp; menggunakan video animasi. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan analisis dasar kebutuhan untuk mengetahui kebutuhan di lapangan terkait video animasi untuk selanjutnya dijadikan landasan dalam pengembangan media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>Research and Development</em> dengan desain ADDIE. Hasil penelitian didasarkan pada dua hal yaitu hasil studi lapangan dan studi literatur. Berdasarkan hasil studi lapangan diperoleh data terkait permasalahan keterampilan menyimak anak serta minimnya media yang khusus digunakan untuk mengembangkan keterampilan menyimak. Hasil studi literatur menunjukan bahwa keterampilan menyimak penting untuk dikembangkan melalui media yang menarik, salah satunya adalah dengan video animasi.</p> Nazila Adistiarachma, Dwi Alia Copyright (c) 2024 Al-Abyadh https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/1000 Sat, 22 Jun 2024 23:40:41 +0000 ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN BERBICARA PADA ANAK USIA 3 TAHUN DI RUMOH TERAPI TABINA https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/997 <p>Keterlambatan bicara pada anak adalah bagian dari aspek perkembangan bahasa. Anak dapat dikatakan mengalami Speech Delay ketika kemampuan berbicaranya jauh dibawah rata-rata anak sebayanya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyebab keterlambatan berbicara (speech delay) pada anak usia 3 tahun di Rumoh Terapi Tabina. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif. Metode deskripsi kualitatif ialah metode yang berdasarkan postpositivisme yang digunakan peneliti untuk meneliti kondisi objek yang alamiah, sesuai dengan fakta yang tampak. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab anak yang mengalami keterlambatan berbicara di Rumoh Terapi Tabina adalah kurangnya waktu orangtua terhadap anak, dimana anak dititipkan kepada pengasuh sehingga anak tidak mendapatkan stimulasi yang optimal berupa komunikasi dua arah antara orangtua dengan anak, Kemudian juga anak diberikan dan dibebaskan menggunakan gadget. Adapun penyebab lainnya yaitu&nbsp; kurangnya teman seusia anak di lingkungan tempat tinggal anak, sehingga anak tidak memiliki teman untuk berkomunikasi.</p> Mulya Riyyana, Jaizaton Muzil, Hijriati Hijriati Copyright (c) 2024 Al-Abyadh https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/997 Sun, 23 Jun 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS BIBLIOMETRIK (2005-2023): PENGARUH KELAINAN PLASENTA PREVIA TERHADAP GANGGUAN PERTUMBUHAN ANAK INDONESIA https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/992 <p>Gangguan pertumbuhan anak seperti berat badan lahir rendah dapat dipengaruhi oleh kelainan plasenta previa pada ibu saat masa kehamilan yaitu plasenta yang menempel di bawah rahim sehingga menghalangi jalan lahir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelainan plasenta previa terhadap gangguan pertumbuhan anak Indonesia. Penelitian menggunakan pedekatan kualitatif metode Systematic Literature Review (SLR) serta analisis bibliometrik. Sumber data berasal dari Google Scholar menggunakan rentang tahun 2005-2023, Harzing's Publish or Perish (PoP) dan VOSviewer. Setelah dilakukan penyempitan hasil dengan memilih topik khusus pada 'Kelainan Plasenta Previa Terhadap Gangguan Pertumbuhan Anak Indonesia’, diperoleh 15 artikel untuk ditinjau dari 1000 artikel hasil pencarian awal. Kemudian disusun meta data aplikasi VOSViewer digunakan untuk membuat visualisasi trend penelitian. Hasil penelitian menunjukkan jika klasifikasi mengenai gangguan pertumbuhan anak karena kelainan plasenta previa dibagi menjadi 2 kluster (Merah dan Hijau). Kelainan penyakit plasenta yang dialami ibu selama masa kehamilan memiliki faktor resiko tinggi terhadap gangguan pertumbuhan anak. Resiko tersebut berupa berat badan lahir rendah yang dapat mengakibatkan penyakit kronis di masa mendatang seperti hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung koroner dan stroke.</p> Catur Louisa, Cahya Yulianti, Fitri Nur’ Aeni, Wanda Anggih Sabila, RR. Deni Widjayatri Copyright (c) 2024 Al-Abyadh https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/992 Sun, 23 Jun 2024 00:20:17 +0000