https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/issue/feedAl-Abyadh2024-12-31T11:12:41+00:00Reni Amiliyareni@diniyah.ac.idOpen Journal Systems<div><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Al-Abyadh adalah jurnal pendidikan islam anak usia dini yang terbit 2 kali dalam. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal ini merupakan sarana publikasi artikel berupa hasil penelitian, pengabdian dan tinjauan pustaka dalam bidang anak usia dini mengenai perkembangan anak, kurikulum, manajemen, media, pengelolaan kelas, pembelajaran, parenting, psikologi AUD, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal ini terbuka untuk para akademisi maupun dari berbagai pihak yang mempunyai pemikiran atau penelitian tentang anak</span></span></span></span></div> <div><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">ISSN: </span></span></span></span><a title="ISSN" href="https://issn.brin.go.id/terbit?search=al%20abyadh" target="_blank" rel="noopener"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">2620-7265</span></span></span></span></a><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> ( </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Tercetak</span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> ); </span></span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="color: #000000;">EISSN : <a title="E ISSN" href="https://issn.brin.go.id/terbit?search=al%20abyadh" target="_blank" rel="noopener">2775-7080</a> (Online)</span></span></span></span></span></div>https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/1078STRATEGI PENATAAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAAN DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI2024-12-31T10:55:19+00:00Anisa Halimatus Sa'diyahanisa.halimatussaidah@gmail.comSalsa Yuliana Ayundasalsayuliana52@gmail.comAnnisa Nuris Sa’adahsaadahannisa32@gmail.comFaiqotul Himmah Salisahsalisahswork@gmail.comM. Bahri Musthofabahri.musthofa007@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi secara lebih mendalam strategi penataan lingkungan pembelajaran terhadap tingkat semangat belajar peserta didik. Penelitian dilakukan dengan cara kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Data diperoleh menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan TK Muslimat menerapkan strategi penataan lingkungan pembelajaran yang kreatif, variatif, dan berpusat pada menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan merangsang minat serta kreativitas peserta didik. Guru memiliki strategi yaitu dengan cara rutin mengubah suasana kelas agar peserta didik dan guru memiliki suasana yang tidak membosankan. Sehingga peserta didik mendapatkan suasana yang baru dan berbeda dari kelas yang biasanya</p>2024-12-29T17:04:22+00:00Copyright (c) 2024 Salsa Yuliana Ayunda, Annisa Nuris Sa’adah, Anisa Halimatus Sa’diyah, Faiqotul Himmah Salisah, M. Bahri Musthofahttps://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/1367OPTIMALISASI STATUS GIZI ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN PROGRAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN (PMT) DI DESA DERSALAM2024-12-31T11:12:41+00:00Ulfi Choirul Zarohulfichoirul123@gmail.com<p>Tujuan pelaksanaan penelitian ini ditujukan untuk menilai penggunaan program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) sebagai langkah dalam menunjukkan perubahan positif untuk status gizi anak-anak usia dini di Desa Dersalam. Fokus penelitian ini adalah empat balita stunting melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Studi ini menemukan bahwa pemberian PMT selama 16 hari dapat memberikan dampak positif pada status gizi anak stunting, seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan signifikan pada tinggi badan dan berat badan sesuai dengan kelompok usia. Aspek keluarga, kondisi ekonomi, dan tingkat pendidikan orang tua adalah beberapa penyebab stunting di Desa Dersalam. Dua jenis PMT yang diberikan kepada anak-anak stunting dalam penelitian ini adalah PMT DD (dari Dana Desa) dan PMT BanKeu (dari Bantuan Keuangan). Studi ini mencapai kesimpulan bahwa kombinasi pemberian PMT yang tepat dapat menjadi strategi yang efektif untuk mencegah dan menurunkan angka stunting di Desa Dersalam.</p>2024-12-29T17:09:47+00:00Copyright (c) 2024 Ulfi Choirul Zarohhttps://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/1372URGENSI MASA GOLDEN AGE BAGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI2024-12-31T10:55:21+00:00Reni Amiliyareni@diniyah.ac.idUtia Virli Susantiutiavirli@diniyah.ac.idBasoribasoriadnan04@gmail.com<p>Masa Golden Age sangat penting bagi perkembangan anak usia dini pada masa yang akan datang. Pada masa ini, anak usia dini haruslah mendapatkan stimulasi agar tumbuh kembang anak dapat berkembang secara optimal. Metode penelitian ini menggunakan literature review. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal terkait pentingnya masa Golden Age bagi anak usia dini yaitu bahwa 50% variabilitas kecerdasan orang dewasa sudah terjadi ketika anak berusia 4 tahun. Peningkatan 30% berikutnya terjadi pada usia 8 tahun, dan 20% sisanya pada pertengahan atau akhir dasawarsa kedua.</p>2024-12-29T17:11:00+00:00Copyright (c) 2024 Utia Virli Susanti, Reni Amiliya, Basorihttps://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/1251POJOK BACA SEBAGAI LANGKAH AWAL MENUJU LITERASI YANG KUAT BAGI ANAK USIA DINI2024-12-31T10:55:21+00:00Angel Lauraangellaura.id@gmail.comRabitah Hanum HasibuanRabitahhanum1284@ishlahiyah.ac.idKartikaatikakar07@gmail.comSelviyanaopposelviana5@gmail.com<p>Pojok baca adalah upaya membangun kemampuan literasi yang kuat pada anak usia dini, khususnya pada usia 0-6 tahun. Pada masa kritis ini, kemampuan anak dalam membaca, menulis, berbicara, dan memahami informasi berkembang pesat. Pojok membaca dirancang untuk memberikan anak-anak akses terhadap buku-buku berkualitas tinggi yang akan merangsang minat membaca, memperkaya kosa kata dan mendukung pengembangan kemampuan berbahasa. Selain itu, pojok baca juga membantu mendorong interaksi sosial, kreativitas, dan keterampilan pengambilan keputusan anak. Dengan menciptakan lingkungan yang merangsang dan menyenangkan, pojok Baca bertujuan untuk mendorong kecintaan membaca yang berlanjut hingga dewasa dan berkontribusi terhadap pengembangan literasi di masa depan. Artikel ini menyoroti pentingnya lembaga pendidikan membangun dan memelihara pojok baca sebagai bagian integral dari proses pembelajaran anak.</p>2024-12-29T17:12:42+00:00Copyright (c) 2024 Rabitah Hanum Hasibuan, Angel Laura, Kartika, Selviyanahttps://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/1052MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN ESTAFET BOLA DI PAUD SAGARA CENDIKIA2024-12-31T10:55:22+00:00Ganis Maharaniganismaharani13@upi.eduRida Rizki Nurfaridaridarizki@upi.eduAsifaasifasifa@upi.eduFebra Putri Nazarinafebraputri@upi.eduLizza Suzantilizzasuzanti@upi.edu<p>Permainan estafet bola di PAUD Sagara Cendikia menjadi bagian dari strategi yang bisa diterapkan oleh guru dan orang tua untuk membentuk keterampilan sosial emosional anak. Rendahnya keterampilan sosial ditunjukkan oleh kesulitan anak dalam berinteraksi sosial dan mengungkapkan perasaan mereka. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan holistik diperlukan untuk mendukung perkembangan anak. Metodologi studi penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dikombinasikan metode deskriptif. Adapun tujuan studi penelitian ini untuk mendeskripsikan permainan estafet bola sebagai strategi untuk mengembangkan interaksi sosial-emosional anak, seberapa baik anak-anak belajar, dan seberapa dekat pencapaian tujuan permainan terkait mempengaruhi pengembangan keterampilan sosial emosional. Hasil observasi menunjukkan bahwa sebagian anak tidak memiliki rasa percaya diri, sulit dalam bersosialisasi dengan teman sebaya, dan rentang perhatian yang rendah selama di kelas. Oleh sebab itu, upaya yang dilakukan harus dengan cara yang menarik dan interaktif untuk membantu mengembangkan keterampilan sosial emosional anak. Dengan demikian, permainan estafet bola dirancang untuk mengembangkan keterampilan anak dalam aspek sosial emosionalnya.</p>2024-12-31T09:59:03+00:00Copyright (c) 2024 Ganis Maharani, Rida Rizki Nurfarida, Asifa, Febra Putri Nazarina, Lizza Suzantihttps://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/1347ASESMEN ANECDOTAL RECORD: ANALISIS DAN IMPLEMENTASI PADA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI2024-12-31T10:55:22+00:00Shy Fany Intan Qotrun Nadafanyshy11@gmail.comDea Vitalokadeapitaloka293@gmail.comlHusnul Hotimahhusnulhtmhh18@gmail.comRike Aulia Arifah rikeeaulia06@gmail.comNizma Dwi Kharisma Sarikharismasarinizmadwi@gmail.comAip Saripudinaipsaripudin@uinscc.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan penilaian asesmen melalui catatan anekdot dalam memantau perkembangan sosial-emosional anak usia dini di satuan PAUD. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan observasi di lima lembaga PAUD. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi langsung, dan analisis catatan anekdot berdasarkan indikator perkembangan sosial-emosional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa catatan anekdot memberikan gambaran autentik perkembangan sosial-emosional anak, seperti kemampuan berbagi dan mematuhi aturan. Anak-anak yang terpantau menunjukkan kemajuan positif melalui pembiasaan dan bimbingan guru. Namun, beberapa anak membutuhkan perhatian khusus dalam aspek tertentu, seperti pengelolaan emosi dan kemampuan menghargai orang lain.Temuan ini menekankan pentingnya kolaborasi antara guru dan orang tua dalam mendukung perkembangan sosial-emosional anak. Penilaian melalui catatan anekdot tidak hanya membantu dokumentasi, tetapi juga menjadi panduan strategis bagi guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan holistik anak usia dini.</p>2024-12-31T10:00:42+00:00Copyright (c) 2024 Dea Vitaloka, Shy Fany Intan Qotrun Nada, Husnul Hotimah, Rike Aulia Arifah, Nizma Dwi Kharisma Sari, Aip Saripudin