ASESMEN ANECDOTAL RECORD: ANALISIS DAN IMPLEMENTASI PADA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI

  • Shy Fany Intan Qotrun Nada UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Dea Vitaloka UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Husnul Hotimah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Rike Aulia Arifah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Nizma Dwi Kharisma Sari UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Aip Saripudin UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
Keywords: Sosial-emosional, Catatan anekdot, Asessmen, Pendidikan PAUD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan penilaian asesmen melalui catatan anekdot dalam memantau perkembangan sosial-emosional anak usia dini di satuan PAUD. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan observasi di lima lembaga PAUD. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi langsung, dan analisis catatan anekdot berdasarkan indikator perkembangan sosial-emosional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa catatan anekdot memberikan gambaran autentik perkembangan sosial-emosional anak, seperti kemampuan berbagi dan mematuhi aturan. Anak-anak yang terpantau menunjukkan kemajuan positif melalui pembiasaan dan bimbingan guru. Namun, beberapa anak membutuhkan perhatian khusus dalam aspek tertentu, seperti pengelolaan emosi dan kemampuan menghargai orang lain.Temuan ini menekankan pentingnya kolaborasi antara guru dan orang tua dalam mendukung perkembangan sosial-emosional anak. Penilaian melalui catatan anekdot tidak hanya membantu dokumentasi, tetapi juga menjadi panduan strategis bagi guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan holistik anak usia dini.

References

Asmawati, L. (2020). Asesmen Keterampilan Pengasuhan Orangtua Untuk Membantu Perkembangan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 4(1), 1–10.

Bates, C. C., Schenck, S. M., & Hoover, H. J. (2019). Anecdotal records. YC Young Children, 74(3), 14–19.

Budiarti, E., Anshoriyah, S., Supriati, S., Levryn, P. K., Annisa, N., Nurmiah, N., Abidah, N., & Masnah, M. (2023). Asesmen Dan Laporan Hasil Belajar PAUD Pada Kurikulum Merdeka. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 4(1), 253–260. https://doi.org/10.36908/akm.v4i1.873

Craig, J. (1978). Anecdotal records. The Canadian Nurse, 74(5), 25–27. https://doi.org/10.1080/00094056.1938.10724274

Darmayanti, N., & Dkk. (2022). Kemampuan dalam mengendalikan emosional pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1512–1519.

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190.

Fadlilah, A. N. (2021). Hambatan Pelaksanaan Asesmen Informal Dalam. Cakrawala Dini, 12(1), 62–72.

Khadijah, Dr. Hj., & Zahriani, N. (2021). Perkembangan sosial Anak Usia Dini Teori dan Strateginya. Merdeka Kreasi Group.

Khairiah, D. (2018). Assesmen Perkembangan Sosio-emosional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 1(1), 1–22.

Khairunnisa, F., & Fidesrinur, F. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Perilaku Berbagi Dan Menolong Pada Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 33. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.703

Mahyuddin, N., & Sari, C. M. (2024). Analisis Pelaksanaan Asesmen Terhadap Peninjauan Perkembangan Sosial Emosional Anak di TK Iqra ’. 7(1), 47–58.

Mulyani, N. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 3(1), 133–147. https://doi.org/10.24090/jimrf.v3i1.1013

Nasution, S. W. (2023). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 4(3), 135–142. https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i3.16853

Ngura, E. T., Go, B., & Rewo, J. M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 118–124. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.94

Nisa, A. R., Patonah, P., Prihatiningrum, Y., & Rohita, R. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Pada Aspek Kesadaran Diri Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.696

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Rahayu Dwi Utami, Novalinda, & Utami, P. (2023). Komparasi Manajemen Desain Lingkungan Bermain Pendidikan Anak Usia Dini.

Risnawati, A., Zaenuri, Z., & Fauzi, W. N. A. (2020). Pengembangan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan. WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 106–116.

Rositi, H. A. S. (2022). Dinamika Perilaku Berbagi Anak Usia Dini Di Tk Tunas KusumaBandar LampungTahun Pelajaran 2021/2022. Early Child Research and Practice -ECRP, 1(1), 1–8.

Wijaya, E., & Nuraini, F. (2024). Pentingnya Interaksi Sosial dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Tiflun: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 9–13.

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92–111.

Published
2024-12-31
How to Cite
Shy Fany Intan Qotrun Nada, Dea Vitaloka, Husnul Hotimah, , R. A. A., Nizma Dwi Kharisma Sari, & Aip Saripudin. (2024). ASESMEN ANECDOTAL RECORD: ANALISIS DAN IMPLEMENTASI PADA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. Al-Abyadh, 7(2), 97-108. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v7i2.1347